10 Kebiasaan Ini Pasti Sering Anda Lakukan, Padahal Salah Besar, Ada yang Bisa Ganggu Kesehatan Loh!

Banyak kebiasaan yang tanpa kita sadari sering kita lakukan dalam hidup ini padahal sebenarnya itu salah. Karena sudah kebiasaan, terkadang jadi susah untuk mengubahnya dan justru jadi dianggap kebanyakan orang jadi benar. Itu karena pada umumnya kita cenderung mengaktifkan autopilot saat melakukan rutinitas sehari-hari.

Melakukan semuanya tanpa banyak berpikir. Mirisnya anak-anak akan belajar melakukan apa yang dilihatnya dari orang dewasa. Nah, mengkhawatirkannya jika kebiasaan orang dewasa yang salah inilah yang juga akan dilakukan oleh anak-anak. Dilansir dari tribunnews.com, mari kita ingat-ingat, apa saja kebiasaan yang sering kita lakukan dengan cara yang salah, berikut ini:

1. Pegang stir mobil

Menyetir mobil (Source)

Sangat penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk memegang stir mobil. Ini dapat menyelamatkan dari cedera dalam kecelakaan mobil. Tempat teraman untuk meletakkan tangan berada di garis tengah (seperti gambar di atas). Posisi ini membuat kantung udara terbuka dengan mudah sehingga melindungi kepala dan tubuh.

2. Posisi duduk toilet

Toilet duduk (Source)

Kamu harus selalu flush dengan toilet duduk ke bawah jika tidak ingin kuman terbang di seluruh kamar mandi dan kamar mandi item (handuk, sikat gigi, dll). Setiap kali kamu menyiram toilet, air yang berputar-putar itu bercampur dengan partikel kotoran kecil dan menyebarkannya ke udara.

3. Waktu terbaik untuk memakai deodoran

Waktu pakai deodoran (Source)

Waktu paling efektif untuk mengoleskan deodorant adalah tepat sebelum tidur saat kulit kering dan kelenjar keringat tidak terlalu aktif. Deodoran biasanya tahan 24 jam, yang berarti pori-pori akan terpasang bahkan setelah mandi di pagi hari.

4. Laci rapi

Menyimpan kain (Source)

Cara terbaik memanfaatkan ruang, baju tidak kusut dan memudahkan menemukan barang adalah dengan menggulung pakaian.

5. Batuk

Saat batuk (Source)

Kita selalu disuruh menggunakan tangan untuk menutupi mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Virus mudah menyebar melalui sentuhan setelah bersin atau batuk, kamu menggunakan tangan untuk membuka pintu, menyentuh tiket dan uang, atau memegang pegangan tangan.

6. Membersihkan blender

Membersihkan blender (Source)

Jangan buang waktu menggosok blender saat bisa mencucinya. Tuangkan saja air, tambahkan cairan pencuci piring dan aduk. Selesai!

7. Posisi tidur

Posisi tidur (Source)

Kamu mungkin menikmati tidur tengkurap, tapi ini menghambat punggung dan tulang belakang. Stres di tulang belakang dapat menyebabkan rasa sakit di banyak bagian tubuh lainnya dan berakibat kurang tidur dan merasa lebih lelah sepanjang hari. Tidur telentang adalah posisi sempurna untuk menjaga tulang belakang dan leher tetap sehat.

8. Kaki Keyboard

Keyboard PC (Source)

Saat belajar mengetik, biasanya kamu diminta untuk memperpanjang kaki kecil di bagian bawah keyboard untuk melihat kuncinya dengan lebih baik. Begitu kamu bisa menyentuh-ketik, bagaimanapun, harus berhenti menggunakan kaki karena bisa membuat pergelangan tangan sakit.

9. Menggantung Celana

Menggantung celana (Source)

Bila sudah terlambat bekerja, hal terakhir yang perlu dikhawatirkan adalah tanda lipatan pada celana. Gunting saja tabung handuk lalu bungkus di sekitar gantungan baju, dan letakkan tutupnya untuk menggantung celana.

10. Tali sepatu

Mengikat tali sepatu (Source)

Letakkan tali di atas lubang atas (seperti yang ditunjukkan pada gambar) untuk membuat sesuatu yang terlihat seperti telinga kelinci. Kemudian silang, dan tarik mereka melewatinya. Ini akan mencegah tali sepatumu melepaskan diri pada saat yang paling buruk.