5 Arti Darah Haid Yang Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda, No 5 Berbahaya!

via merdeka.com

Wanita mana pun pasti akan mengalami haid setiap bulannya. Namun untuk siklusnya, setiap wanita pasti berbeda-beda dan bahkan moodnya pun juga akan berubah-ubah. Bukan hanya itu, ada wanita yang merasakan sakit luar biasa namun ada juga yang justru biasa-biasa aja. Bahkan ada yang merasa lemas hingga ke sekujur tubuh karena haid.

Hal itu tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari bagi sebagian wanita yang mengalami rasa sakit yang tidak tertahankan. Namun, tahukah Anda bahwa warna darah haid punya beberapa arti bagi kondisi kesehatan tubuh Anda? Dilansir dari merdeka.com, ada 5 warna darah saat Anda mengalami haid lho Ladies, berikut penjelasannya:

1. Merah muda

Jika darah haidmu berwarna merah muda, itu artinya kamu sedang mengalami anemia atau kekurangan darah. Atau dengan kata lain jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah kamu berkurang. Dengan kondisi yang seperti itu, seseorang seringkali merasakan letih dan lelah sehingga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya.

Kemungkinan kedua, untuk kamu yang sudah menikah, jika darah haid kamu berwarna merah muda itu merupakan tanda awal kehamilan. Ya, itu tanda kamu sedang dalam masa kehamilan muda. Kenapa bisa begitu? Karena sel telur yang sudah dibuahi dan menempel pada dinding rahim bisa mengakibatkan pendarahan namun hanya sedikit dan hal ini masih wajar.

2. Merah terang

Wah, buat kamu yang darah haidnya berwarna merah terang itu artinya tubuh kamu dalam kondisi yang sehat. Namun, yang harus kamu ketahui jika warnanya tidak berubah selama 8 hari atau bahkan lebih, ada baiknya kamu segera ke dokter untuk memeriksakannya.

3. Merah tua

Jika darah haidmu berwarna merah tua selama 2-3 hari pertama itu masih dalam batasan normal. Namun, jika itu berlanjut ke hari berikutnya kamu harus segera memeriksakannya. Karena bisa jadi dalam rahimmu ada tumor yang tumbuh. Sehingga itu harus cepat ditangani agar tidak terjadi hal-hal yang lebih membahayakan.

Untuk Anda yang sedang hamil, jika darah yang keluar berwarna abu-abu, itu tandanya Anda telah mengalami keguguran.

4. Coklat tua

Nah, untuk yang darah haidnya berwarna coklat tua, Anda harus berhati-hati ya,karena hal itu menandakan bahwa darah yang ada di dalam rahim Anda telah beku sehingga peredaran darah yang berjalan ke arah rahim terlalu panjang. Namun, hal ini bisa diatasi dengan meminta resep ke dokter untuk memperlancar peredaran darahmu saat haid datang.

5 Warna Kuning

Namun, hal yang mengkhawatirkan adalah ketika warna darahnya itu kuning. Itu bisa mengindikasikan jika dalam rahim Anda terjadi infeksi. Dan hal itu harus cepat ditangani oleh dokter untuk mencegah hal-hal yang bisa saja membahayakan kesehatanmu.

Loading...