5 Mata Uang Digital Ini Potensial Untuk Investasi Selain Bitcoin, Mungkin Anda Tertarik?

Ilustrasi Bitcoin (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

Bitcoin menjadi mata uang digital yang belakangan ini marak menjadi perbincangan. Bitcoin menjadi mata uang digital yang kini sedang marak diperdagangkan. Namun, jangan salah, Bitcoin bukan satu-satunya mata uang digital bisa menjadi pilihan investasi. Ada ratusan alternatif mata uang digital.

Berikut adalah beberapa mata uang digital potensial yang meski tak setenar Bitcoin namun cukup diperhitungkan investor, dilansir dari kumparan.com:

1. Ripple

Ripple tidak seperti Bitcoin yang hanya terpusat pada kelompok kecil yang diatur oleh developer dalam ketersediaanya. Ripple memiliki spesifikasi khusus dalam transfer antar institusi keuangan. Dirilis pada tahun 2012, Ripple memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 1,26 miliar. Pada 2017, nilai Ripple naik 36.000 persen.

2. Ethereum

Dengan kapitalisasi pasar lebih dari USD 130 miliar, Ethereum merupakan mata uang digital terbesar kedua setelah Bitcoin. Ethereum adalah platform perangkat lunak terdesentralisasi yang memungkinkan Smart Contracts and Distributed Applications (website untuk mata uang digital) dibangun dan dijalankan tanpa downtime, kecurangan, kontrol atau gangguan dari pihak ketiga.

3. Litecoin

Litecoin sering disebut sebagai ‘versi silver dari emas Bitcoin’. Sejak tahun 2011, Litecoin telah membantu saat transaksi Bitcoin mengalami perlambatan. Meskipun begitu menguntungkan, Litecoin hanya tersedia untuk transaksi kecil dan transaksi cepat.

4. Bitcoin Cash

Bitcoin Cash diciptakan sebagai varian dari Bitcoin. Ukuran blok yang delapan kali lebih besar daripada Bitcoin yang memungkinkan lebih banyak transaksi pada waktu yang sama. Bitcoin Cash tidak menggunakan ganti rugi biaya, cara mempercepat konfirmasi transaksi dengan menaikkan biaya yang juga menciptakan potensi investasi ganda.

5. Monero

Salah satu keuntungan yang dijanjikan oleh Monero adalah anonimitas. Tidak ada yang bisa melacak arah dana atau pemiliknya. Ini adalah fitur yang membuatnya populer di kalangan pedagang pasar gelap. Sebenarnya, Bitcoin tidak pernah benar-benar aman. Blockchain mampu melacak pembayaran individual dan dapat menghubungkannya ke individu. Monero menjanjikan keamanan yang lebih besar.

Loading...