5 Negara Ini Ternyata Tidak Pernah Dijajah Bangsa Lain, No 1 Pernah Menjajah Indonesia!

via google.com

Tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa negara di dunia ini yang tidak pernah merasakan dijajah oleh bangsa lain? Sebagian besar diantaranya dari negara-negara yang tidak pernah merasakan dijajah adalah berasal dari Asia. Eropa dan Amerika saat itu mencoba menguasai beberapa negara di Asia dengan perang.

Namun, tidak semua negara di Asia pernah dijajah walaupun negara-negara di sekitarnya justru pernah dihujani peluru hingga bom dengan daya ledak tinggi oleh negara-negara Barat. Nah, dari sekian banyak negara yang pernah dijajah, berikut ini negara-negara yang lolos dari jajahan bangsa barat dilansir dari merdeka.com.

1. Bangsa Jepang

Jepang adalah satu-satunya negara di Asia yang lolos dari penjajahan negara Barat, yang menjadi kekuatan penjajah di kawasan itu. Ketika negara berperang melawan pengaruh asing dan intrusi, hanya Belanda dan China yang berhasil mendirikan pelabuhan dagang di Jepang, meskipun ada dibantu dari negara lain.

Jepang bertugas mengatur lingkungan yang mempengaruhi pulau-pulau sekitarnya, serta di Korea, Taiwan, dan Sakhalin Selatan.

2. Bangsa Thailand

Selama abad ke-19, Thailand sudah dikenal sebagai Kerajaan Siam. Kerajaan itu terletak di antara Indochina yang dikuasai Prancis (kini bernama Vietnam, Laos, dan Kamboja) dan Birma yang diperintah Inggris (sekarang disebut Myanmar).

Raja Chulalongkorn dari Siam mengadopsi beberapa kebiasaan Eropa dan menjadi tertarik pada teknologi Eropa dalam upaya mencegah penjajahan. Upaya diplomatiknya membantu Raja mempengaruhi hubungan Inggris-Perancis menguntungkannya, mencegah mayoritas kerajaannya jatuh di bawah kekuasaan Eropa.

3. Bangsa Norwegia

Norwegia merupakan Negara Kerajaan yang terletak di semenanjung Skandinavia di ujung barat yang berbatasan dengan Finlandia, Rusia, dan Swedia. Negara Nordik ini memiliki pantai di Samudra Atlantik Utara yang sangat terkenal. Di bawah kedaulatan yang dimiliki Norwegia terdapat Jan Mayen dan Svalbard menurut traktat Svalbard.

4. Bangsa China

China, tidak termasuk Hong Kong dan Macao, belum pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Namun, selama abad ke-19 dan awal abad ke-20, China memang melakukan perjanjian perdagangan dengan sebagian besar kekuatan Barat, termasuk Inggris Raya, Perancis, Jerman, Rusia, Jepang, dan Amerika Serikat, yang sebagian besar dianggap merugikan China, karena terpaksa membuat beberapa pembagian teritorial.

5. Bangsa Bhutan

Letak Bhutan, seperti di Nepal, berada di Pegunungan Himalaya. Karena letaknya yang sulit, membuat penjajah kesulitan menyerang negara mereka. Dari 1772 hingga 1774, militer Inggris bertempur dan menguasai beberapa wilayah dari Kerajaan Bhutan.

Karena sebagian wilayahnya dijajah, akhirnya diputuskan kesepakatan kerjasama. Untuk mengusir pasukan Inggris, Kerajaan Bhutan setuju untuk membayar mereka dengan 5 kuda dan memberi mereka kendali atas industri penebangannya.

Terlepas dari pengaturan ini, kedua negara berada dalam ketidaksepakatan perbatasan tetap sampai tahun 1947, ketika India memperoleh kemerdekaannya dan pasukan Inggris menarik diri dari daerah tersebut.

Loading...