6 Peraturan Sekolah Paling Unik dan Nyeleneh Yang Hanya Ada di Jepang, Anda Mau Tahu?

Di Indonesia tugas utama pelajar di sekolah hanya untuk belajar dan belajar. Selain itu, tidak boleh ada aktivitas lain yang dapat mengganggu jam belajar. Namun, pelajar di Jepang justru sebaliknya dengan pelajar di Indonesia. Di jepang ada peraturan unik yang tentu saja beda jauh dengan di Indonesia.

Mau tahu peraturan apa saja itu dan seunik apa? Simak selengkapnya dibawah ini seperti dilansir dari liputan6.com.

1. Harus tepat waktu

Salah satu kunci Jepang dalam menjadi negara maju adalah disiplin mati. Artinya mereka telah mempunyai kesadaran pentingnya mengatur waktu. Sehingga mereka tak akan menyia-nyiakan untuk hal-hal yang tidak penting. Hal ini ternyata telah diajarkan pada anak-anak sejak berada di sekolah dasar. Di negeri ini, anak-anak masuk sekolah pukul 08:30 pagi.

2. Setiap siswa adalah petugas kebersihan

Di Jepang, setiap sekolah mewajibkan siswanya menjadi petugas kebersihan. Setiap pagi mereka harus membersihkan lantai, tempat belajar mereka secara bersama-sama. Dari kegiatan ini, seluruh siswa akan merasakan tanggungjawab untuk menjaga kelas tetap bersih. Tugas mereka adalah menyapu, mengepel, menghapus coretan di dalam kelas dan lingkungan sekolah.

3. Makan siang di ruang kelas

Sekolah di Jepang mempunyai peraturan yang cukup unik. Anak-anak sekolah diwajibkan makan siang di sekolah, di dalam kelas. Mereka makan bersama-sama dengan teman-teman. Saat makan siang, tiap anak tidak boleh menyia-nyiakan makanan yang disediakan. Mereka juga harus menghabiskan menu makanan yang ada di dalam box-nya.

4. Harus berolahraga renang

Kebanyakan sekolah dasar di Jepang mempunyai kolam renang. Sehingga aktivitas fisik yang menyehatkan ini menjadi bagian penting dalam kurikulum sekolah. Pelajaran olahraga, terutama berenang menjadi hal yang serius di tiap sekolah di Jepang. Mereka memahami, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

5. Dilarang Berdandan sama sekali

Seluruh siswa di Jepang dilarang berdandan sama sekali ke sekolah. Baik anak perempuan, apalagi laki-laki tidak boleh memakai bedak, mewarnai rambut, memakai cat kuku, memakai lipstick dan bahkan untuk melentikkan bulu mata. Anak sekolah harus tampil polos tanpa polesan sama sekali.

6. Siswa dilarang berpacaran

Sekolah Menengah di Jepang melarang seluruh siswanya berpacaran. Selain masih di bawah umur, pacaran dianggap bisa menganggu konsentrasi dalam memahami pelajaran. Bagaimana dengan sekolah di Indonesia?

Selain keenam peraturan tersebut, sekolah di Jepang juga mempunyai peraturan unik lainnya, adik kelas harus menghormati kakak kelasnya, ke sekolah tidak boleh membawa ponsel dan tidak ada guru pengganti.

Loading...