7 Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Menggunakan PowerBank, Mau Tahu Caranya?

Tips Hemat Baterai Android

Punya smartphone tapi daya tahan baterainya kurang tangguh? Jangan khawatir, tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluar. Hanya butuh kebijakan dari Anda sendiri dalam menggunakan smartphone Anda agar baterainya bisa tahan lama dan bisa digunakan di saat-saat yang penting. Nah, jika Anda ingin berjuang untuk menjaga smartphone Anda tetap hidup sepanjang hari tanpa powerbank, ini cara mudahnya sebagaimana dilansir dari merdeka.com.

1. Turunkan kecerahan layar

Mungkin hal ini sudah sangat jelas. Namun percaya atau tidak, masih banyak orang yang tak sadar betapa terang layar mereka, karena telah terbiasa. Biasanya, hal ini dipicu kecerahan otomatis. Anda seringkali berpikir kecerahan layar Anda disetel rendah. Namun jika kotak kecerahan otomatis dicentang, tentu percuma. Karena ketika keadaan terang, layar juga akan makin diterangkan dan menguras baterai.

2. Matikan lokasi

Bahkan ketika Anda tidak menggunakan smartphone Anda, jika lokasi Anda menyala, baterai akan mudah terkuras. Namun ketika lokasi dimatikan, akan ada beberapa fungsi aplikasi yang terhambat. Terutama aplikasi yang membutuhkan lokasi Anda. Anda tinggal mengaktifkannya kembali ketika menggunakan Google Maps atau Waze dalam bernavigasi.

3. Matikan suara atau vibrasi keyboard

Biasanya ada pengaturan-pengaturan kecil yang tak Anda atur. Sayangnya, hal ini bisa menguras baterai. Seperti contohnya adalah adanya getaran atau suara ketika kita mengetuk tombol back atau Home. Namun yang paling parah jika Anda mengaktifkan getar ketika mengetik di keyboard. Meski tak memakan banyak baterai, jika diakumulasikan tentu jumlahnya signifikan. Untuk mematikannya, Anda harus membuka opsi keyboard.

4. Matikan Wifi

Berbagai media koneksi di smartphone Anda seperti Bluetooth, NFC di beberapa perangkat, dan juga Wifi, tentu menguras baterai. Jika Anda di rumah atau kantor menggunakan Wifi, lupa mematikan wifi dan tetap menyalakan data seluler akan menguras baterai Anda. Hal ini dikarenakan Wifi akan selalu mencari sinyal (scanning), dan menguras bateari Anda.

5. Matikan 4G LTE

Ini adalah hal yang agak-agak menyebalkan karena cukup ribet. Masalahnya, menggunakan koneksi 4G LTE memang cepat, namun lebih menguras baterai. Jika dibandingkan, penggunaan 4G LTE jauh lebih boros ketimbang 2G atau 3G. Jadi, jika ingin baterai hemat, pakailah koneksi maksimal 3G jika smartphone sedang tidak dipergunakan. Lalu kembalikan ke LTE ketika ingin browsing atau YouTube.

6. Pakai background hitam (jika smartphone Anda mengusung layar OLED)

Di beberapa samrtphone flagship, dan mayoritas smartphone bermerek Samsung, layar yang diusung adalah layar OLED. Jika ternyata smartphone Anda mengusung layar OLED, maka dengan menggunakan layar berwarna hitam, akan menghemat baterai secara signifikan.

Hal ini dikarenakan layar OLED tidak menyalakan piksel yang berwarna hitam. Jadi OLED secara alami sudah menghemat energi. Berbeda dengan LCD, semua piksel akan menyala meski berwarna hitam. Sehingga, trik ini tidak bisa digunakan ke smartphone yang mengusung layar LCD.

7. Pakai Airplane Mode

Jika Anda sedang tidak terlalu memakai smartphone Anda, Anda bisa manfaatkan moda airplane di smartphone. Mode ini akan memutus semua koneksi, sehingga baterai tentu akan lebih hemat.

Tak hanya ketika sedang tidak dipakai, manfaatkan airplane mode ketika sinyal sedang jelek. Pasalnya, smartphone Anda kan sangat berjuang untuk mencari sinyal, sehingga baterai terkuras. Sekalian gunakan airplane mode di daerah-daerah terpencil, dan gunakan mode normal ketika sudah di kondisi yang baik.