8 Fakta Aneh Soal Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Yang Mungkin Tidak Pernah Anda Tahu

Salah satu nama yang tak henti-henti jadi perbincangan di seluruh dunia adalah nama Kim Jong Un. Hal itu tidak terlepas dari keputusan kontroverislanya mengembangkan peluru kendali jarak jauh hingga pengembangan bom hidrogen. Tekanan negara adidaya macam Amerika Serikat sekali pun tak cukup kuat untuk menghentikan ulang Kim Hong Un yang meresahkan banyak negara.

Di balik serentetan tindakan dan keputusan Kim Jong Un itu, ada setidaknya delapan fakta “aneh” menyangkut sosok pemimpin muda Korut ini, sebagaimana dilansir dari tribunnews.com:

1. Umur sebenarnya adalah sebuah misteri

Dia dianggap sebagai salah satu penguasa termuda di dunia. Namun, tidak ada yang bisa memastikan kapan hari ulang tahun Kim Jong Un yang sebenarnya. Ada yang menyebut, dia dilahirkan tahun 1983, ada juga yang mengatakan tahun 1984. Namun, Departemen Keuangan AS, pada tahun 2016, mencantumkan tanggal kelahirannya pada tanggal 8 Januari 1984.

2. Sekolah di Swis dengan menggunakan nama palsu

Kim Jong-un terdaftar di sebuah sekolah swasta terkemuka di ibukota Swis, Berne, namun tak bisa mengikuti pelajaran. Capaian prestasinya tak bisa disebut bagus. Dibalut kaus kaki “Chicago Bulls” dan sepatu “Nike”, dia diperkenalkan kepada kawan-kawan sekelasnya sebagai Pak Un dari Korea Utara.
Uang yang dikeluarkan untuk biaya pendidikannya tentu tidak murah. Namun Kim Jong Un ternyata lebih condong minatnya ke musik dan bola basket.

Dia lebih menggemari bola basket ketimbang pelajaran di bangku sekolah. Akibat tidak ada kemajuan dalam nilai matematika dan sain-nya, ayahnya lalu memindahkan dia ke sebuah sekolah negeri Swis, dimana dia ditempatkan di kelas yang lebih rendah.

3. Kecanduan keju Swis

Di Swis, Kim mulai menyukai keju. Konsumsinya terhadap emmental telah disebut sebagai penyebab tubuhnya “membengkak” dan menjadi tambun. Emmental adalah keju dari Swis yang dibuat dengan susu sapi mentah dan memiliki banyak lubang atau “mata” yang berukuran besar. Tubuhnya yang tambun, membuat Kim menjadi gendut dan lamban bergerak. Sejumlah besar keju diimpor setiap tahun ke Korut untuk memenuhi “kecanduan” Kim tersebut.

4. Komandan militer tanpa pelatihan

Ketika ayahnya meninggal di tahun 2011, dia mengambil alih komando Angkatan Darat Korut. Praktis, tanpa ada pengalaman dalam dunia kemiliteran, dia pun menjadi komandan militer “awam” tanpa pelatihan.

5. Operasi meniru kakeknya

Bagi beberapa orang, operasi plastik adalah sarana untuk memperbaiki penampilan mereka, namun tujuan Kim Jong Un berbeda. Dia disebutkan melakukan operasi plastik, agar wajahnya terlihat mirip sang kakek, Kim Il-Sung. Konon, dia ingin tampil sebagai figur ayah bagi warga Korea Utara.

6. Orang Korea harus tiru gaya rambutnya, tapi dia takut tukang cukur

Di Korea Utara, ada aturan ketat mengenai potongan rambut. Potongan rambut Kim Jong Un yang “istimewa” tersebut, disebut “ambisius”. Sebuah keputusan dikeluarkan di negara itu, di mana laki-laki diperintahkan untuk meniru gaya rambut yang sama. Wanita diminta mengenakan rambut dengan model “bob”, seperti istrinya, Ri Sol-ju. Kim juga diyakini takut terhadap tukang cukur, jadi ia disebut memotong rambutnya sendiri.

7. Penggemar bola basket

Hubungan asmara dengan basket dimulai pada hari-harinya di Swis. Dia adalah penggemar fanatik Chicago Bulls. Michael Jordan adalah pemain favoritnya. Dia adalah teman dekat dengan mantan bintang NBA Dennis Rodman, yang telah melakukan beberapa perjalanan ke Korea Utara.

8. Kim Jong Un mengeksekusi mati banyak anggota keluarganya

Kim Jong Un, pada bulan Desember 2013, dilaporkan memerintahkan eksekusi pamannya, Jang Song-thaek, yang dituduh merencanakan perlawanan terhadap negara. Beberapa laporan menyebutkan, mayat pamannya lalu dijadikan santapan untuk anjing-anjing liar. Ada pula yang menuyebutkan, Jang Song dibunuh di hadapan regu tembak.

Saat bibinya memprotes eksekusi itu, perempuan itu pun menjadi korban. Laporan mengatakan bahwa wanita itu tewas diracun. Dia juga telah dituduh membunuh saudara tirinya Kim Jong Nam ?n Malaysia. Kasus tersebut kini masih dalam penyelidikan.