Akibat Peragakan Adegan Makan Apel di Video Klip, Penyanyi Pop Mesir Divonis 2 Tahun Penjara!

Dianggap melakukan tindakan penghasutan asusila, seorang penyanyi pop asal Mesir harus menerima hukuman penjara selama 2 tahun sebagai konsekuensi dari perbuatannya. Dilansir dari tribunnews.com, selain dijatuhi kurungan 2 tahun oleh Pengadilan setempat, penyanyi perempuan berusia 21 tahun itu juga didenda sekitar 10.000 poundsterling atau Rp 180 juta.

Sementara itu, sutradara video klip berjudul “I Have Issues”, Mohammed Gamal, juga dijatuhi hukuman yang sama. Di video klip, Shyma terlihat bernyanyi dengan mengenakan pakaian dalam, makan buah apel dan pisang, di depan kelas murid pria. Shyma nampak memeragakan sebuah adegan seks sambil mengunyah pisang di hadapan sebuah papan tulis.

Sementara para “muridnya” yang seluruhnya pria nampak mencatat apa yang diajarkan Shyma di ruang kelas itu. Video tersebut langsung mendapat kecaman dari media massa setempat. “Penyanyi Shyma menunjukkan pelajaran buruk kepada generasi muda,” tulis surat kabar Youm 7, pada sebuah artikel setelah video klip tersebut rilis.

Dalam akun Facebook, Shyma telah meminta maaf. Dia mengaku tidak mengantisipasi bakal terjadinya kecaman mass. “Saya tidak membayangkan ini akan terjadi, dan saya mendapat kecaman dari semua orang. Sebagai penyanyi muda yang bermimpi sejak usia dini untuk menjadi seorang penyanyi,” tulisnya.

Di bawah pemerintahan Presiden Abdel Fattah Al Sisi, pihak berwenang Mesir telah menggunakan undang-undang moralitas untuk menindak banyak seniman.

Pada 2015, pengadilan Mesir juga memenjarakan seorang penari perempuan selama satu tahun karena dianggap melakukan pengasutan terhadap tindakan asusila, melalui video musik vulgar berjudul “Let Go of My Hand”. Bagaimana pendapat Anda dengan aksi Shyma dalam video klip yang penuh kontroversi itu?