Belum Banyak Yang Tahu, Ternyata Begini Cara Aman Agar Motor Tidak Mudah Dicuri

Cara aman agar motor tidak mudah dicuri tentu haru Anda ketahui. Walau bukan jaminan motor Anda jadi aman, setidaknya perlu cukup waktu bagi si pencuri untuk mencuri motor Anda. Oleh karena itu, Anda harus tahu beberapa trik yang mungkin selama ini tidak pernah terpikirkan oleh Anda saat memarkir motor.

Sebagaimana diketahui bawah pencuri hanya butuh waktu sekian detik untuk bisa membawa kabur motor targetnya. Mereka bisanya menggunakan kunci T dan cairan kimia untuk menjebol secure key shutter. Anda pemilik sepeda motor, harus selalu waspada setiap kali memarkir, baik di tempat parkir yang dilengkapi petugas keamanan, maupun yang tak dilengkapi.

Kunci stang ke arah kiri (Source)

Demikian halnya pula jika memarkir di halaman rumah. Tak menutup kemungkinan jika sepeda motor Anda sedang menjadi incaran pelaku kejahatan, tanpa disadari. Makanya, Anda harus tahu bagaimana cara memarkir sepeda motor yang aman sehingga maling atau pencuri sulit membawa kabur milik Anda.

Satu di antara cara aman adalah mengubah arah kunci stang. Lazimnya, arah kunci stang ke kiri, sesuai dengan petunjuk dari pabrik. Padahal, yang lebih aman adalah ke kanan. Dikutip dari laman tribunnews.com, jika arah kunci stang ke kiri, maka secara otomatis Anda memberi banyak ruang kepada pelaku kejahatan untuk beraksi.

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa ruang gerak untuk membobol lebih bebas dan resiko motor Anda hilang semakin besar. Tidak banyak yang mengetahui tentang arah kunci stang ke kanan ini sangat bermanfaat dibanding kunci stang ke kiri. Ruang gerak untuk membobol dengan menggunakan kunci T akan terasa tidak bebas dan lebih sempit.

Silakan perhatikan gambar di bawah ini.

Kunci stang ke arah kanan (Source)

Si maling atau pencuri akan susah dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding arah ke kiri. Informasi ini memang tidak menjamin motor Anda tidak dicuri tetapi apa salahnya mengubah kebiasaan kita agar motor kita semakin sulit dicuri.

Loading...