Benarkah Foto Selfie Bisa Sebabkan Sifat Ambisius dan Obsesi Tidak Sehat, Bagaimana Bisa?

Kemajuan teknologi ternyata telah membuat semua hal jadi semakin mudah dan praktis dalam hidup ini. Salah satunya dalam hal mengambil foto sendiri yang dikenal dengan foto selfie. Saat ini hampir semua orang pernah melakukan foto selfie, bahkan orang terkenal seperti Barack Obama pun pernah menjadi korban foto selfie.

Menurut Salma Prabhu, seorang Psikolog dari India, “Foto selfie adalah salah satu cara menunjukkan kepada orang lain bahwa dirinya memang hebat namun bisa jadi hal tersebut menunjukkan bahwa dirinya ingin diperhatikan”, demikian dikutip dari liputan6.com 14 Maret 2014.

Bukan hanya Prabhu, Psikolog Klinis dan Ahli Media Sosial, Ankita Gaba juga mengatakan bahwa melakukan foto sendiri bukan karena kepercayaan diri tinggi namun hanya sekedar untuk mencari perhatian. “Foto diri sendiri yang dilakukan bukan karena kepercayaan diri Anda tinggi tetapi karena Anda butuh perhatian,” jelasnya.

Gaba menjelaskan lebih lanjut bahwa selain karena kurang percaya diri, hampir semua gadget saat ini sudah memiliki kamera depan yang canggih sehingga sangat mudah untuk mengambil foto sendiri dan bisa langsung diupload ke media sosial seperti Facebook, Twitter dan juga Instagram. Maka tidak heran jika foto selfie begitu cepat menjadi populer di seluruh dunia.

Foto selfie mulai booming pada awal tahun 2011 ketika seorang pengguna Instagram bernama Jennifer Lee meng-upload fotonya sendiri ke Instagram dengan hashtag#selfie, tepatnya pada tanggal 16 Januari 2011. Dari sini kemudian diikuti oleh hampir 57 juta pengguna Instagram lainnya diseluruh dunia.

Salma Prabhu juga menjelaskan bahwa foto selfie bisa menyebabkan seseorang menjadi ambisius dan memiliki obsesi yang tidak sehat akibat kurangnya perhatian. Menanggapi maraknya foto selfie, Instruktur Bahasa Tubuh, Riddhi Doshi Patel mengatakan bahwa foto selfie seperti terlihat percaya diri namun sebenarnya tidak karena semua dilakukan tidak dengan cara alami.

Bagaimana, apakah Anda setuju bahwa foto selfie menandakan Anda kurang percaya diri dan butuh perhatian lebih? Silahkan jawab sendiri aja ya!