Benarkah Foto Selfie di Depan Kabah Hanya Untuk Ajang Pamer?

Aksi mengambil foto sendiri atau yang dikenal dengan selfie memang sedang marak. Bahkan tidak tanggung-tanggung, ada yang melakukan foto selfie ditempat-tempat yang sangat ekstrim agar kelihatan keren. Bahkan tidak hanya sampai disitu, ada juga yang melakukan foto selfie setelah habis bercinta.

Bahkan, yang sedang marak sekarang ini adalah aksi selfie dengan menghadapkan kamera ke arah Kabah ketika sedang menunaikan ibadah Haji. Tentu saja hal ini mendapatkan kritikan dan komentar pedas dari sejumlah pihak karena merasa aksi selfie tersebut adalah hal yang tipis batasannya dengan pamer.

Walaupun sudah pernah ada larangan untuk membawa segala jenis perangkat berkamera di Masjidil Haram, namun nampaknya secara perlahan larangan tersebut juga hanya menjadi sekadar larangan saja.

Contohnya saja, sampai sekarang ini, semakin banyak orang-orang yang mengunggah foto diri mereka sedang berada di masjidil Haram atau di dekat Kabah, di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau bahkan Instagram.

Bahkan muncul juga hashtag-hashtag senada yang dijadikan sarana untuk mengelompokkan aksi selfie ketika sedang berhaji seperti ini, yaitu yang paling sering digunakan adalah #Hajselfie atau juga Hajj Selfie. Seorang cendekia dari Jeddah, Arab Saudi bernama Sheikh Assim al-Hakeem juga mengkritisi fenomena selfie ketika sedang menunaikan ibadah haji ini.

“Memang masih menjadi satu perdebatan masalah fotografi (aksi selfie ketika sedang berhaji) ini di kalangan ulama dan cendekia. Namun apapun alasannya, semua orang harusnya memahami dan kembali ke esensi dari berhaji itu sendiri dan tidak berbuat pamer,” jelasnya, seperti dikutip dari merdeka.com.

Untuk kalangan orang-orang terkenal sampai dengan selebritis Indonesia yang pernah menunaikan ibadah haji juga tidak sedikit dari mereka yang melakukan aksi selfie kemudian mengunggahnya ke account jejaring sosial mereka.

Loading...