Bikin Penasaran! Ini Sejumlah Fitur Baru Di WhatsApp Yang Akan Segera Hadir dan Sudah Hadir, Anda Mau Tahu?

Aplikasi pesan instan WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berkirim pesan. Dengan ukuran aplikasi yang tidak terlalu memberatkan dengan tampilan yang sangat sederhana dijamin bikian siapa saja tertarik untuk menginstallnya di smartphone kesangan.

Untuk menyesuaikan kebutuhan penggunanya, pihak WhatsApp pun terus melakukan pembaruan dengan berbagai macam fitur-fitur menarik. Harapannya, pengguna akan tetap berlama-lama dan betah menggunakan aplikasi yang didominasi warna hijau itu. Berikut ini beberapa fitur baru WhatsApp yang hadir 1 tahun belakangan dan wajib Anda ketahui, dilansir dari idntimes.com. Apa saja? Simak langsung ke daftar di bawah ini.

1. Fitur penarik pesan

Belum resmi hadir, tapi fitur satu ini sudah muncul di versi beta WhatsApp terbaru. Sama dengan cara kerja penarik pesan di Gmail atau Inbox, setiap pesan yang Anda kirim bisa ditarik kembali dengan pilihan Edit atau Revoke alias menarik kembali pesan secara keseluruhan.

Dari isu yang beredar, fitur ini bisa digunakan lima menit pasca pesan dikirim. Nantinya, si penerima pesan juga dikabarkan bakal mendapatkan notifikasi yang menyatakan bahwa sudah ditarik kembali. Fyi, fitur penarik pesan dilaporkan akan hadir dalam waktu dekat.

2. Fitur Night Mode

Sama seperti fitur Penarik Pesan, fitur satu ini memang belum benar-benar hadir sih di aplikasi WhatsApp. Namun saat hadir nanti, Anda dijamin bisa menggunakannya untuk mempercantik tangkapan fitur kamera built-in di WhatsApp. Berbeda dengan Twitter, menurut kabar fitur Night Mode di WhatsApp memang hanya berguna untuk mempercantik hasil jepretan kamera terutama kala malam hari.

Sehingga, nantinya fitur kamera bawaan WhatsApp diharapkan bisa menghasilkan foto setara aplikasi kamera pro. Disebtkan, fitur ini akan hadir dalam hitungan minggu dan iPhone adalah perangkat pertama yang kabarnya bisa menikmati fitur ini.

3. Fitur untuk tahu detail pesanmu dibaca dan terkirim

Cocok untuk gebetan yang amat posesif, fitur ini bisa dinikmati para pengguna WhatsApp dengan cara geser layar ke kiri diatas pesan yang Anda kirim. Secara otomatis detail informasi mengenai kapan pesan terkirim dan terbaca akan muncul.

Nah, cara di atas memang khusus pengguna iPhone sedangkan untuk pengguna smartphone Android maka bisa menekan pesan yang Anda kirim dalam waktu lama. Lalu secara otomatis akan muncul pilihan menu di atas layar dan tekan deh ikon Info yang ada di atas layar. Secara otomatis, informasi yang Anda butuhkan bakal terpampang nyata.

4. Fitur yang memudahkanmu menghubungi teman lewat grup chat

WhatsApp itu memang gudangnya grup. Mulai grup kelas, keluarga sampai grup alumni sekolah atau kantor pun ada. Nah, jika tiba-tiba di grup ada rekan atau sahabat yang ingin Anda ajak ngobrol tanpa lewat perantara kolom chat grup maka Anda bisa langsung menghubunginya dari kolom chat grup tanpa harus keluar dulu mencari namanya di daftar kontak.

Cukup tekan saja nama di atas kolom chat dari rekan atau sahabatmu. Setelah itu, akan muncul pilihan seperti gambar di atas. Anda bisa pilih menu, mulai dari Chatting atau langsung Video Call juga Voice Call.

5. Gak pernah ketinggalan chatting penting, pakai fitur Shortcut

Daripada ribet-ribet harus buka aplikasi WhatsApp dulu, Anda bisa mempercepat proses chatting dengan gebetan pakai fitur Shortcut. Dengan fitur ini, kolom chat gebetan akan muncul di layar homescreen smartphone Android-mu. Jadi kalau ada chat-an dari si dia, Anda gak akan ketinggalan dan kalau butuh mau ngechat bisa langsung klik di shortcut.

6. Cari tahu siapa yang paling sering dihubungi

Pengin tahu siapa saja yang paling sering Anda hubungi? Coba pakai fitur WhatsApp yang satu ini. Fitur berikut bisa memberitahu kontak mana saja yang paling sering Anda hubungi atau berinteraksi denganmu.

Cara mengakses fitur ini mudah kok. Untuk pengguna iOS klik saja menu Settings lalu Data and Storage Use lalu Storage Use. Untuk pengguna smartphone Android klik saja menu Settings lalu Chat dan Chat History kemudian Email Chat. Dijamin Anda bisa tahu siapa saja yang sering Anda ajak chatting di WhatsApp.

7. Kirim pesan gambar GIF

Anda juga bisa chatting dengan format lebih menyenangkan di WhatsApp pakai fitur GIF. Fitur ini bisa Anda nikmati dengan cara ikon Emoticon yang ada di pojok kiri bawah kolom chat. Setelah itu, akan muncul deh GIF apa saja yang bisa Anda pakai. GIF hasil kerjasama dengan GIPHY itu bisa Anda pakai cuma-cuma dan banyak pilihannya, chattingan jadi seru banget deh.

8. Fitur pinned chats

Pernah merasakan kemudahan dari fitur ini gak? Buat yang belum tahu, fitur Pinned Chats ini memudahkanmu untuk menandai tiga pesan terpenting di WhatsApp-mu. Dengan menandai pesan tertentu, walau ada pesan ‘gak penting’ yang muncul maka pesan yang ditandai akan tetap ada di atas dan bisa Anda baca terus.

Sayangnya, fitur ini terbatas hanya bisa menandai 3 pesan saja. Jika Anda mau menandai pesan lain, maka pastikan Anda sudah menghapus pin alias tanda di pesan sebelumnya ya!

9. Bikin status dalam bentuk video ala Instagram Stories

WhatsApp sepertinya gak mau ketinggalan zaman, karena beberapa bulan lalu resmi meluncurkan fitur status video ala Instagram Stories yang bisa hilang dalam hitungan jam saja. Meski menarik, sayangnya fitur ini gak mendapat sambutan hangat dan banyak yang menganggap kalau fitur ini cuma meniru Snapchat saja.

10. Mengembalikan chat penting yang hilang

Pernah mengalami chat di WhatsApp hilang tiba-tiba? Atau ketika berganti smartphone, chatting-an di smartphone lawas gak lagi bisa muncul di smartphone baru? Coba deh manfaatin fitur backup chat yang disediakan WhatsApp di aplikasinya. Dengan fitur ini Anda bakal lebih mudah mengembalikan chat penting yang gak sengaja hilang atau kehapus.

Caranya, klik menu Settings lalu Chats dan Chat Backup. Semua chatting-an penting akan tersimpan di Google Drive dan jika suatu saat Anda berganti smartphone atau misal instal ulang aplikasi WhatsApp, chat lama bisa dikembalikan dengan cara menekan pilihan pemulihan riwayat chatting yang muncul di layar smartphone.