Fakta Dibalik Lagu Jaran Goyang Yang Dipopulerkan Nella Kharisma, Gak Nyangka!

Musik dangdut koplo menjadi populer belakangan ini, ternyata karena dua artis dangdut koplo yang sedang bersinar karirnya di tahun 2017 ini. Hal itu membuat video dari genre musik dangdut koplo masuk dalam jajaran 10 video musik paling populer di YouTube tahun 2017. Hal itu tidak lepas dari nama Via Vallen dan Nella Kharisma.

Dua penyanyi itu masing-masing mengandalkan lagu Sayang dan Jaran Goyang. Lagu tersebut berturut-turut berada di posisi dua dan tiga. Namun, dibalik ketenaran mereka yang telah membawakan lagu Jaran Goyang, ada orang dibalik layar. Selama ini sosok ini jauh dari sorotan lampu panggung.

Bahkan mungkin namanya masih asing bagi beberapa pendengar. Dia adalah Andi Bendol sang pencipta lagu. Pria kelahiran tahun 1988 asal Bantul ini adalah orang yang paling bertanggung jawab atas melambungnya lagu Jaran Goyang. “Lagu Jaran Goyang pertama kali direkam tahun 2014.”

“Saya sudah ciptakan lagu itu jauh sebelum 2014,” ujar Andi Bendol, sebagaimana dilansir dari suryamalang.com

Andi Bendol pencipta lagu Jaran Goyang

Dia juga sempat menunjukan file asli di perangkat komputernya yang merupakan rekaman awal Jaran Goyang, kepada tribunjogja.com beberapa waktu lalu. Andi tidak menyangka lagu yang telah lama diciptakanya itu terkenal setahun belakangan ini. Lagu-lagu yang diciptakan Andi memang memiliki ciri khas tersendiri.

Liriknya sangat dekat dengan kultur masyarakat. Makanya lagu-lagunya memiliki kedekatan emosi yang lekat dengan para pendengar. Biasanya pencipta lagu pada umumnya mengangkat tema percintaan monoton, seperti putus cinta karena diselingkuhi atau kisah klasik cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Justru Andi muncul dengan tema lagunya yang tidak biasa. Mungkin hanya Andi Bendol yang terpikir untuk melabrak kebiasaan pencipta pada umumnya. Dia membuat lagu dengan tema guna-guna untuk menaklukan hati seorang wanita, melalui lagu Jaran Goyang.

“Sebenarnya lagu itu berpesan agar tidak menggunakan cara yang tidak benar untuk mendapat wanita.”

“Dalam lagu ini digambarkan contoh yang salah, yaitu menggunaan guna-guna untuk menaklukan wanita.”

“Seharusnya menaklukan wanita dengan cinta.”

“Namun ada beberapa orang yang justru menafsirkan bahwa lagu itu berpesan negatif,” tutur Andi.

Bukan hanya lagu Jaran Goyang, beberapa lagu Andi telah banyak dikenal, antara lain Stel Kendo, Piker Keri, dan beberapa lagu lainya. Andi juga turut andil dalam menciptakan beberapa lagu untuk kelompok hip-hop dangdut asal Imogiri, Bantul yang kini tengah naik daun, NDX A.K.A.

Kini dengan membawa bendera Crazygila Music Production, Andi ingin terus berkarya dengan musik yang diciptakanya. Perjalanan Andi Bendol untuk sampai pada titik saat ini tidak mudah. Dia sudah mulai merintis usahanya untuk dapat menghasilkan uang dari musik sejak 2010. “Dulu mengumpulkan uang untuk membangun studio ini.”

“Awalnya membeli kompter. Dulu (komputer yang dibeli pertama) layarnya masih yang tabung,” kenang Andi.

Sebagai gambaran, studio rekaman milik Andi bukan studio besar layaknya milik produser kenamaan. Studio milik Andi hanya ruang berukuran sekitar 3×3 meter. Dulunya studio ini merupakan kamar tidurnya. “Dulu ini kamar saya.”

“karena dibuat studio, saya kadang tidur di kursi,” ungkap Andi.

Siapa sangka, lagu Jaran Goyang yang kini sedang ada di titik puncak terkenal dan banyak diperbincangkan justru terlahir dari ruangan sederhana tersebut.

Loading...