Ibu Wajib Waspada! Susu Formula Bayi Palsu Kini Beredar Luas di Masyakarat, Ini Mereknya!

Anda yang punya anak kecil dan masih minum susu formula, wajib waspada! Anda sebagai orang tua memang ingin memberikan yang terbaik untuk bayi Anda, termasuk memberikan susu formula terbaik. Tapi bagaimana jika susu yang Anda anggap terbaik justru merupakan susu formula palsu?

Dilansir dari Grid.ID, Mead Johnson Nutrition Malaysia menghimbau konsumen dan pengecer untuk menukarkan susu formula Bayi Enfalac A + Step 1 dalam kotak 1.8kg agar segera diganti. Kebijakan ini terkait adanya laporan tentang susu palsu di Johor, Malaysia.

Pekan lalu, pejabat Kementerian Perdagangan, Koperasi dan Konsumer Kementerian Dalam Negeri Malaysia menyita 210 kotak susu bubuk bayi palsu senilai RM42.000 dari lima toko obat China dan toko obat di Johor Baru. Penemuan bubuk susu palsu telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan orang tua, meski produknya hanya ditemukan di Johor.

Program penggantian ini meliputi kotak 1.8kg dengan tiga kantong susu di dalamnya. Dalam sebuah pernyataan, Mead Johnson mengatakan bahwa pihaknya memperluas dukungan pelanggan saat ini dengan Program Penggantian Produk sukarela yang dimulai pada hari Jumat (15/12/2017).

“Tujuan dari program ini adalah untuk menghapus karton palsu dari pasar dan memungkinkan konsumen untuk dengan mudah memastikan bahwa mereka hanya memiliki produk MJN berkualitas tinggi yang aman untuk dikonsumsi dan sesuai untuk digunakan per label produk,” katanya.

Produk pengganti akan memiliki segel pengaman untuk menjamin keaslian produk. MJN akan mengumpulkan semua stok produk yang ditargetkan dari gerai ritel dan menukarnya dengan Produk Pengganti, sesuai dengan program yang sekarang dikomunikasikan ke pengecer.

Perusahaan juga telah menyiapkan Hotline untuk program penggantian produk baik yang telah dibuka atau belum dibuka. “Konsumen dapat menghubungi 1-800-88-3585 (Senin-Minggu, 09:00 sampai 11:00) atau melengkapi formulir online di www.enfagrow.com.my untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang pengembalian produk dan petunjuk penggantian,” katanya.

“Karena pemalsuan tidak mudah dikenali dan diidentifikasi secara definitif tanpa membuka karton, kekhawatiran konsumen hanya dapat ditangani dan diselesaikan sepenuhnya melalui Program Penggantian Produk ini,” katanya.

Menteri Kesehatan Datuk Seri Dr S. Subramaniam mengatakan belum menerima laporan tentang bayi bermasalah dengan susu namun telah mengirimkan sampel untuk dianalisis. Pihak berwenang Malaysia tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.