Jadi Viral! Kisah Pengemudi Ojek Online Yang Ordernya Dibatalkan Pelanggan Setelah Terima Struk

Kemajuan teknologi telah membuat hidup manusia semakin lebih mudah dalam melakukan aktivitas belanja. Dengan aplikasi jasa layanan pesan antar, Anda kini bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah. Anda tinggal duduk di rumah dan makanan atau minuman yang Anda pesan akan diantar oleh ojek online.

Meski jasa tersebut bisa dipergunakan, bukan berarti Anda bisa semena-semena memperlakukan pengemudi ojek berbasis aplikasi yang akan menjemput pesanan. Hal ini tersirat dalam tulisan akun bernama Zean Silvana Natalia Tarigan yang mendadak viral setelah diunggah ke jejaring sosial Facebook, Minggu 2 Juli 2017 silam.

Dalam tulisannya, Zean mengisahkan pengemudi ojek ‘online’ yang harus menghadapi pelanggan yang membatalkan pesanan justru ketika sudah terlanjur dibeli. Zean pun mengimbau para pengguna jasa layanan pesan-antar tidak seenaknya membatalkan pesanan kalau sudah dibeli, karena ini merugikan pengemudi ojek.

Sebab, setiap makanan atau minuman yang sudah dibeli jarang ada yang mau dikembalikan, apalagi kalau sudah masuk sistem kasir.

Berikut tulisan dari Zean seperti dilansir tribunnews.com:

“Saya mau sharing tentang pemesanan makanan/minuman melalui jasa GoFood by GoJek.
Driver gojek ini dapet orderan minuman ditempat saya harganya Rp.18.000,-.
Sudah cetak struk, minuman sudah siap, tiba-tiba customer telepon si driver agar orderannya di-cancel.
Driver gojek menjelaskan bahwa pesanan sudah siap tinggal dianter ke alamat customer dan tidak bisa di-cancel.
Tapi sang customer tetap ngotot mau batalin pesanan.
Saya cuma denger mereka adu bicara lewat telepon dan saya ngga tau pesanan itu jadi di cancel atau tidak.
Saya hanya mau sampaikan untuk semua teman-teman yang memakai jasa GoFood by GoJek, jangan seenaknya membatalkan pesanan kalau sudah dibeli.
Karena setiap makanan/minuman yang sudah dibeli jarang ada yang mau dibalikin apalagi kalau sudah masuk sistem kasir.
Belum lagi kalau harus bayar parkir motor antara Rp. 2.000 s/d Rp. 4.000,-, mencari-cari tempat tujuan pesanan yang akan dibeli, waktu untuk menunggu pesanan dan tenaga untuk mengantar pesanan ke tempat tujuan dengan ongkos tarif yang termasuk murah (gratis apabila dengan gopay).
Mungkin uang Rp.18.000,- bagi saya dan teman-teman tidak terlalu besar nilai nominalnya.
Tapi bagi dia uang itu bisa dia gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.
Saya hanya ingin menyampaikan pesan kepada teman-teman yang (sering) menggunakan jasa GoFood by GoJek agar tidak membatalkan pesanan yang sudah dibeli secara sepihak.”

Banyak para warganet yang berkomentar menanggapi kisah tersebut.

Cha’chania Alf: Gak pya hati bgt yg cancel nyepelein tenaga orang..hargailah tenaga orang..

Kasriati Martadisastra: Kalau bayar pake gopay tdk bisa dibatalkan harusnya, tp klu bayar cash jasa gofood perlu tanya dulu ke konsumen lanjut atau batal. Kasihan kan dia hrs nalangin dulu. Kok tega ya orang kita berbuat merugikan orang?

Den’t Dedy Phetet: Gak bsa di cancell lah,, apalagi udh foto struk belanjaan .. Maka nya skrg udh jarang ada driver yg mau ambil orderan go food .. Custamer emg raja,, tpi jadiLah raja yg bijak

Wita Bachtiar: Saran saya kepada pengusaha gojek kusus go food pelanggan yg membatalkan pesanan secara sepihak didenda aja 2 kalilipat harga pesanan biar gak se mena2 mempermainkan dan mempergunakan jasa gojek turtama go food.

Loading...