Peristiwa Aneh, Untuk Ke-3 Kalinya Dalam 40 Tahun, Gurun Sahara Turun Salju Setebal 40 Cm

Salju di Gurun Sahara (Source)

Gurun Sahara adalah padang pasir yang panas. Hal itu membuat salju tidak mungkin turun di daerah tersebut. Namun faktanya, dalam kurun 40 tahun terakhir, sudah 3 kali salju turun di daerah tersebut dengan ketebalan mencapai 40 cm tanpa ada sebab yang jelas.

Salju awalnya turun di kota Aljazair Ain Sefra pada Minggu (7/1/2018) dini hari. Hal ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk beradu cepat satu sama lain menuruni lereng. Namun, meningkatnya suhu menyebabkan salju kembali meleleh pada siang hari.

Salju turun di kota yang dikenal sebagai “The Gateway to the Desert”.

Pada 1979, badai salju yang berlangsung setengah jam sempat menghentikan lalu lintas. Dua tahun yang lalu, salju sempat bertahan selama satu hari, dan kota ini kembali mengalami hujan salju pada tahun lalu.

“Salju di Sahara merupakan hal yang tidak biasa tapi pernah kita dengar sebelumnya”, jelas juru bicara Met Office mengatakan kepada The Independent, dikutip dari tribunnews.com.

“Sepertinya foto wilayah bersalju diambil di wilayah yang lebih tinggi di utara wilayah ini, menuju wilayah Atlas, jadi tidak mengherankan jika daerah itu akan mengalami hujan salju jika kondisinya benar,” lanjutnya.

“Dengan kondisi di Eropa pada saat ini, yang telah mengalami cuaca dingin selama akhir pekan, dorongan udara dingin ke wilayah selatan akan membawa salju itu,” paparnya lagi. Ain Sefra, yang didirikan pada tahun 1881 sebagai kota garnisun Prancis, mengalami suhu rata-rata di atas 37C di musim panas dan mencapai rekor terendah -10,2C di musim dingin.