Pidato Perdana Anies Baswedan Sebagai Gubernur DKI, Kata ‘Pribumi’ Langsung Jadi Trending Topic

Gubernur DKI Jakarta

Sorotan mata netizen tertuju pada pidato pertama Gubernur baru DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota pada Senin 16 Oktober 2017. Dalam pidato yang cukup panjang itu, Anies Baswedan menyebut-nyebut kata “pribumi” yang justru membuat risih para pengguna media sosial. Penyebutan kata tersebut berawal ketika Anies mengungkit sejarah ketika perjuangan Indonesia melawan kolonialisme.

Dalam pidato Anies berlangsung 22 menit, ada kata “pribumi ditindas” dari kalimat “Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan”. Anies menyinggung “pribumi ditindas” ketika berbicara soal perjuangan pribumi melawan kolonialisme. Nah, sekarang setelah berhasil melawan kolonialisme, meraih kemerdekaan, menurut dia, semua warga pribumi harus mendapat kesejahteraan.

“Karena itu bila kita merdeka maka janji-janji itu harus terlunaskan bagi warga Jakarta. Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan. Kini telah merdeka, kini saatnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Anies dalam pidatonya, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com.

Pada kesempatan yang sama, Anies juga kembali mengingatkan agar warga Jakarta bisa menjadi tuan rumah di kotanya sendiri. Sejumlah netizen tampaknya risih dengan penyebutan kata ‘Pribumi’. Namun, ada pula netizen yang tak mempermasalahkan kata ‘pribumi’ tersebut dan menilai sebutan itu untuk orang-orang yang berkewarganegaraan Indonesia.

Komentar pun menyerbu linimasa, terutama di jejaring sosial Twitter. Bahkan, kata ‘pribumi’ memuncaki topik teratas yang paling banyak dibicarakan atau dicari di Twitter. Mereka melontarkan komentar-komentarnya melalui linimasa dengan menyisipkan kata ‘pribumi’.

Berikut komentar-komentar mereka:

@ryan_steven: Coba Ahok yg ngomong gitu, rame pasti yg turun ke jalan… #Pribumi

@linatengkutam1: Yg heboh dgn #Pribumi mungkin anda butuh liburan

@christineekel: Saya Indonesia… Terlalu banyak campuran dlm darah saya… Pasrah #Pribumi

@ggiinnaa23: !!! Emang ada apa dengan #Pribumi ? @aniesbaswedan

@riopalee: Ngeributin istilah #pribumi sama aja membawa masalah kebhinekaan dalam level dan bentuk yang baru. Sentimen dan dungu!

@SuryaSumbayak: Saya #pribumi tapi bersahabat dengan semua orang dan tidak ada istilah non pribumi karena kita satu NKRI.

@perik_siduadua: @aniesbaswedan @sandiuno sedih rasanya mendengar kembali kata2 PRIBUMI dan NON PRIBUMI. #pribumi #nonpribumi @fadjroeL

@SintaAryesta: #Pribumi jadi tuan rumah dan gubernurnya non pribumi..luarbiasa..saluuuttt…

@vie_kusuma: Jd mau berbuih2 protes soal pidatonya yg kemarin ya ra bakal di perduliin. Wong dia gak butuh kita :)))) #pribumi

@madammiyani: Kalo ada yg nanya, gubernur baru jakarta yg mana. Bilang aja “yang #Pribumi itu loh”

@arovixchan: Apa itu pribumi ? Warga asli indonesia? Yang bentukannya kaya gemana? #Pribumi #SelamatBekerjaAniesSandi #benerindahjakarta