Pria Ini Pencet ‘Like’ di Facebook, Kejadian Selanjutnya Bikin Dia Menghadapi Kenyataan Ini

Anda yang suka bermain sosial media, sebaiknya mulai sekarang lebih hati-hati lagi dalam memberi komentar atau ‘Like’. Meskipun terlihat sepele, namun tindakan Anda justru bisa berujung denda puluhan juta rupiah. Seperti yang terjadi pada pria ini yang harus menghadapi kenyataan pahit hanya karena memencet ‘Like’ di Facebook.

Pesoalan sepele yang dialami pria berumur 45 tahun itu dilaporkan terjadi di Swiss. Akibat dianggap bersalah, ia harus membayar denda sebesar 4.000 Swiss Fanc atau sekitar Rp 55 juta. Semua denda itu hanya karena memberi like atas komentar seseorang di Facebook.

Pasalnya, pria yang tidak disebutkan namanya itu mengacungi jempol atas komentar yang dipandang menyerang dan merusak nama baik seorang aktivis hewan bernama Erwin Kessler.

Kejadian tersebut terjadi pada 2015 lalu. Ketika itu, Kessler terlibat dalam debat soal aktivitas grup kesejahteraan hewan. Debat kemudian berkembang menjadi tuduhan dari beberapa orang bahwa Kessler bersikap rasis dan anti-semit.

Komentar orang-orang yang menyerang Kessler inilah yang diberikan like oleh si pria yang dijatuhi denda. Dia merupakan orang pertama yang dihukum di Swiss hanya karena mengacungi jempol di Facebook. Kessler kemudian mengajukan gugatan hukum terhadap si pria atas tuduhan pencemaran nama baik, sebagaimana dirangkum dari Tekno.Kompas.

Dalam putusannya, pengadilan mengatakan si pria tetap bersalah meskipun komentar yang diberikan like merupakan milik orang lain, bukan ditulisnya sendiri. Dengan mengklik tombol like, dia dipandang telah mempromosikan komentar negatif terkait.

Selain sang pria setengah baya yang dijatuhi denda tersebut, Kessler juga menuntut sejumlah orang lain yang juga dituding mencemarkan nama baiknya.