Salut Dah! Sudah 91 Tahun, Nenek Ini Masih Semangat Kuliah Hingga Lulus S1, Alasannya Sungguh Mengejutkan

Tidak semua orang punya semangat belajar yang tinggi saat usia sudah memasuki usia senja. Seperti ini nenek yang satu ini. Walau usianya sudah tidak lagi muda, ia masih mampu untuk meraih cita-citanya menjadi sarjana pada usia 91 tahun.

Nenek asal negeri Gajah Putih ini punya semangat yang sangat luar biasa untuk bisa menyelsaikan studinya. Sang nenek selalu ingin belajar dan memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan. Tahun 1998, nenek yang bernama Kim-lun Jinakul ini mendaftar ke sebuah Universitas Terbuka di Thailand, Sukhothai Thammathirat Open University (STOU).

Karena kepentingan bisnis keluarga, ia terpaksa menghentikan kuliahnya. Kim-lun mencoba mendaftar kembali ke Universitas yang sama dan resmi menjadi mahasiswi jurusan “Human Ecology” pada tahun 2011.

Dilansir oleh Grid.ID, Kim-lun pun membeberkan alasan mengejutkan sekaligus bikin haru. “Jika tidak belajar, tak membaca dan nggak tahu apa-apa, bagaimana kita berbicara kepada orang lain,” tuturnya bijak.

“Sebaliknya jika kita membaca koran maupun mendengar berita, kita akan selalu memahami perkembangan yang ada di dunia.”

Alasan yang mungkin tak akan dipikirkan nenek usia lanjut. Bagi Kim-lun, tak ada kata terlambat untuk belajar. Ia berhasil menyandang gelar sarjana setelah 4 tahun masa studi dan menjadi wisudawati tertua di usianya yang ke–91.

Sebuah prestasi yang sangat membanggakan dan nyaris mustahil dilakukan di umur yang sudah senja. Namun sang nenek mampu membuktikan diri meski sudah tak muda lagi. Profesor setempat menjelaskan, universitas lebih menekankan studi berdasarkan praktik daripada belajar di buku teks.

Cara ini membuat siswa lanjut usia dapat menerapkan apa yang mereka pelajari dalam kehidupan nyata atau pekerjaan. “Misalnya pertanian. Jika mereka tidak tahu cara menanam sayuran, kami punya kursus singkat untuk dipelajari,” kata sang profesor.

Loading...