Selain Fidget Spinner, Ternyata 4 Mainan Ini Juga Bisa Tingkatkan Konsentrasi Loh

Salah satu mainan yang kini sedang tren adalah fidget spinner. Mainan ini berbentuk piringan cakram kecil dengan bearing yang bisa diputar-putar. Nah, belakangan ini mainan ini menjadi tren di kalangan anak-anak dan orang dewasa karena diklaim bisa meredakan stres dan meningkatkan fokus.

Namun tahukah Anda selain fidget spinner di pasaran juga ada banyak mainan lainnya dengan klaim serupa. Beberapa mainan bahkan telah didukung oleh bukti dari studi. Apa saja mainan tersebut? Berikut beberapa contohnya seperti dikutip dari detikHealth:

1. Bola keseimbangan

Bola keseimbangan raksasa yang biasa digunakan untuk yoga dapat dipakai juga untuk meningkatkan fokus. Di beberapa ruang sekolah bola ini bahkan diketahui dipakai sebagai pengganti kursi untuk membantu anak-anak duduk tenang. Studi pada tahun 2014 yang dilakukan oleh para peneliti dari Southern Adventist University menemukan pemakaian bola ini bisa berkaitan dengan berkurangnya kasus ‘nakal’ pada anak murid.

Menurut peneliti hal ini terjadi karena untuk bisa duduk tegak di atas bola perlu sedikit memakai otot intinya. Hal ini diketahui dapat merangsang aktivitas pada bagian frontal dan prefrontal otak yang mengatur fokus.

2. Lilin mainan

Susan Roberts dari Pediatric Occupational Therapist mengatakan lilin mainan adalah salah satu bentuk terapi yang bagus untuk melatih fokus dan juga kreativitas terutama pada anak-anak. Ketika berinteraksi dengan lilin imajinasi dan gerakan motorik dari tangan dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus. Hanya saja mungkin bagi beberapa orang bermain lilin ini tidak terlalu menyenangkan. Bila memang demikian maka stimulasinya juga akan lebih sedikit.

3. Bola stres

Bentuknya kecil sebesar genggaman tangan. Pengguna cukup memencet-mencet bola sekuatnya dan hal ini dikatakan akan cukup membantu untuk mengendalikan emosi. Dilakukan secara rutin, kegiatan memencet-mencet bola stres ini bisa juga dianggap sebagai olahraga untuk otot tangan. Alasannya karena bola stres dapat memberikan resistansi pada tangan ketika dipencet kuat-kuat.

4. Plastik gelembung

Fungsi utama dari plastik gelembung atau buble warp sebetulnya adalah untuk membantu meredam benturan sehingga barang yang dibungkus lebih terlindungi saat dalam pengiriman. Namun pada kenyataannya plastik gelembung juga sering dipakai orang-orang untuk membantu menghilangkan stres. Sensasi ketika berhasil memecahkan gelembungnya yang disebut bisa memuaskan.