Semester Akhir, Mahasiswi Kedokteran 19 Tahun Ini Berpotensi Jadi Dokter Termuda di Negaranya

Di usia 18 atau 19 tahun kebanyakan orang baru mulai masuk perguruan tinggi. Namun, wanita ini justru sudah mau lulus pada usia 19 tahun. Dia ternyata sudah memenuhi persyaratan untuk lulus pada usia yang segitu. Di Amerika Serikat, kebanyakan orang berusia 18 tahun saat mereka mulai kuliah.

Dengan demikian banyak lulusan berusia 22 tahun walaupun hanya jika mereka menyelesaikan program 4 tahun tepat waktu. Sekolah kedokteran sangat sulit diselesaikan hanya dalam waktu empat tahun, terutama dengan keragaman pengetahuan yang dibutuhkan siswa untuk belajar.

Tapi bagi remaja Malaysia ini, belajar dan menyelesaikan sekolah kedokteran tampaknya tidak memiliki rintangan. Dilansir dari tribunnews.com, Chan Hao Shan yang saat ini berusia 19 tahun berada di tahun terakhir Bachelor of Medicine dan Bachelor of Surgery di Taylor’s University, dan akan segera menjadi dokter termuda di Malaysia.

Calon dokter termuda di Malaysia (Source)

Minatnya terhadap pengobatan dimulai saat ibunya didiagnosis menderita kanker payudara saat berusia delapan tahun. Dia membaca dan mempelajari anatomi manusia karena rasa penasarannya mulai dari usia yang sangat muda.

“Misalnya, saya benar-benar tertarik dengan apa yang terjadi pada tenggorokan saat kita menelan sesuatu,” katanya pada Sin Chew Daily.

Dia juga dilaporkan menyelesaikan seluruh pendidikan sekolah menengahnya dalam satu tahun. “Saya selalu suka menantang diri saya sendiri, jadi saya pikir – mengapa tidak terjun ke tingkat yang lebih tinggi di sekolah? Saya sering merasa bosan di kelas dan merasa kecepatan belajarnya terlalu lambat, ” jelas Chan.

Calon dokter Termuda 19 tahun (Source)

Dia mendaftarkan diri di Program Matrikulasi Australia pada usia 14 dan menyelesaikan studinya dalam setahun. Dia adalah murid termuda dalam angkatan pascasarjananya. Setelah lulus dengan MBBS, dia mengatakan bahwa dia berencana melanjutkan studinya sebagai spesialis, namun belum menentukan spesialisasinya.

Loading...