Viral di Filipina! Ibu Iriana Joko Widodo Berikan Bingkisan Buku Kepada Dua Anak Kecil

Kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Filipina pada hari Minggu 12 November 2017 menjadi sorotan masyarakat negara itu. Yang menjadi sorotan kali ini bukan Presiden Jokowi, tapi Ibu Negara Iriana Jokowi karena memberikan sebuah bingkisan kepada dua orang anak kecil yang menyambutnya saat tiba di bandara.

Seorang Juru Bahasa Kepresidenan, Marlisa Soepeno, yang pada hari itu mendampingi Ibu Iriana mengatakan kekaguman masyarakat Filipina itu terungkap dari seorang istri pejabat Kementerian Luar Negeri Filipina. Si isteri pejabat Kemlu Filipina itu menyampaikan kepada Ibu Iriana langsung, bahwa beberapa foto Ibu Negara saat memberikan kado yang diketahui isinya adalah buku itu langsung viral di media sosial di Filipina.

“Katanya, foto yang ibu memberikan buku untuk anak kecil Filipina sudah viral dan semua komentar masyarakat sangat positif,” kata Marlisa mengulang pernyataan isteru pejabat Kemlu itu saat dihubungi, dikutip tribunnews.com, Senin (13/11/2017).

Isteri pejabat Kemlu Filipina itu kembali menegaskan kepada Ibu Iriana bahwa mungkin pemberian kado itu adalah hal yang sederhana bagi seorang Ibu Negara, namun sangat berarti bagi masyarakat Filipina. “Katanya, mungkin menurut Ibu itu adalah hal kecil, tapi sangat meaningful (berarti),” kata Marlisa.

Terlebih, lanjut Marlisa, Isteri pejabat Kemlu Filipina itu mengungkapkan bahwa Ibu Iriana adalah satu-satunya Ibu Negara yang memberikan hadiah kepada anak kecil yang memberikan bunga tadi dari semua Ibu Negara yang hadir pada KTT ke-31 ASEAN ini. Terlihat dari tayangan video kedatangan Presiden beserta rombongan di Bandara Clark di Pampanga, Filipina, Presiden Jokowi dan Ibu Negara menuruni anak tangga dari pintu pesawat kepresidenan.

Pada hari itu, Presiden Jokowi mengenakan setelan jas berwarna biru gelap dengan dasi merah, sementara Ibu Iriana Jokowi mengenakan busana kebaya berwarna cokelat pudar. Presiden Jokowi dikalungi karangan bunga berwarna putih oleh seorang anak, sementara Ibu Negara mendapatkan karangan bunga dari seorang anak.

Setelah menerima karangan bunga itu, Ibu Iriana mencium si anak laki-laki itu. Belum ada semenit Ibu Iriana mencium anak laki-laki itu, Ibu Iriana memanggil ajudannya yang ada di belakangnya. Si ajudan perempuan berkacamata itu datang, lalu menyerahkan dua tas berwarna merah kepada Ibu Iriana. Dengan senyum lembutnya, Ibu Iriana memberikan dua tas itu kepada kedua anak kecil yang tadi menyambut Presiden dan Ibu Negara dengan karangan bunga.

Anak kecil yang menerima kado itu tentu langsung menunjukkan raut wajah yang menggambarkan kebahagiannya karena mendapatkan sesuatu dari seorang Ibu Negara. Setelah itu, Presiden dan Ibu Negara disambut oleh pejabat militer Filipina dan sejumlah pejabat negara Filipina lainnya.