Viral! Masih Mau Makan Ceker Ayam Kalau Cara Mengolahnya Seperti Ini?

Apakah Anda salah satu penggemar ceker atau kaki ayam? Ceker atau kaki ayam memang sering diolah menjadi masakan enak atau menjadi campuran bakso. Tapi, dibalik rasanya yang enak, pernahkah Anda mencari tahu bagaimana cara mengolah ceker ayam sebelum menjadi makanan siap saji?

Nah, kalau Anda bepergian ke Thailand dan ingin merasakan nikmatnya masakan ceker ayam di sana, maka video ini mungkin akan membuat Anda berpikir dua kali. Sebuah video enam orang yang tengah menyiapkan ceker ayam, menjadi viral di media sosial belakangan ini. Dikutip dari tribunnews.com, video ini dipastikan diambil di Thailand.

Video ini membuat kaget banyak orang, lantaran menunjukkan bagaimana ceker ayam disiapkan sebelum dijual ke warung-warung makan. Dalam video yang beredar di Facebook itu, terlihat para pekerja, menyiapkan ceker ayam siap masak, dengan cara menggigitnya.

Mereka mengambil bagian tertentu dari kaki ayam itu tidak dengan menyisihkannya pakai pisau, tapi menggigitnya. “Kini resmi sudah, aku tak mau lagi makan kaki ayam. Beginilah masakan favoritku, kaki ayam pedas, disiapkan,” ujar seorang netizen, dikutip dari Bangkok Coconuts.

Lokasi di mana video ini diambil, tak diketahui. Tapi, sayup-sayup terdengar suara orang bernahasa Thailand di video ini. “Pasangan ini yang paling cepat (kerjanya),” teriak seorang pria.

Meski video ini baru saja jadi viral dan buat para penggemar kaki ayam jijik, tapi faktanya, metode itu bukan hal baru di Thailand. Sejumlah netizen membenarkan, proses menyiapkan kaki ayam dengan menggigit sudah dilakukan jauh-jauh hari. Cara ini dianggap lebih cepat dari menggunakan tang.

Menggunakan alat, akan membuat kulit ayam terkoyak, sehingga tidak lagi bagus ketika nantinya disantap pembeli. Video ini tak hanya viral karena dianggap menjijikkan. Tapi, banyak netizen yang prihatin melihat para pekerja itu. “Kalau ini di negara lain, bosnya akan dipenjara. Cara itu nggak aman buat para pekerjanya, karena ayam penuh penyakit. Aku merasa kasihan dengan mereka,” tulis seorang netizen.

Pada 2005, sempat juga beredar foto lowongan pekerjaan terkait hal ini. Dalam foto, disebutkan keterangan, para pekerja akan dibayar 25 baht atau Rp 10.000 untuk satu keranjang kaki ayam. Beberapa pekerja yang bekerja cepat, setiap hari bisa membawa pulang uang sampai Rp 206 ribu.

Di Thailand, kaki ayam tanpa tulang dengan bumbu pedas, menjadi makanan populer.