Viral! Seblak Bisa Sebabkan Usus Buntu, Ini Penjelasan Ahli Gizi, Ternyata Seblak…

Belakangan ini ada sebuah postingan di media sosial yang menjadi viral soal makanan seblak yang sebabkan usus buntu. Dalam postingan yang menjadi viral itu, seorang anak perempuan dikabarkan menderita usus buntu karena keseringan makan seblak.

Namun, ahli gizi menyangkal bahwa makanan tersebut tak mungkin sebabkan usus buntu apalagi dalam waktu sesaat.

Seperti kita tahu, seblak merupakan makanan tradisional dari Tanah Sunda dengan komponen bahan kerupuk basah. Pada dasarnya makanan kenyal ini tidak sebabkan usus buntu, kecuali jika mengandung zat berbahaya lainnya.

Ahli Gizi Prof. Hardinsyah, MS., menjelaskan, makanan seblak tidak mungkin sebabkan usus buntu, kecuali jika kondisi pasien menderita infeksi usus yang sangat lama. Meski demikian, Anda harus tetap berhati-hati, dalam mengonsumsi makanan supaya tak menderita penyakit ini.

“Komponen di dalam seblak itu kerupuk basah. Tidak ada yang bisa sebabkan usus buntu, kecuali ada zat lain,” terang Prof Hardinsyah, dikutip dari okezone.com.

Kerupuk basah, menurut Prof Hardinsyah, makan seblak sama halnya dengan makan pempek Palembang, otak-otak, dan makanan bertekstur kenyal lainnya. Jenis makanan seperti itu tidak menyebabkan appendix yang berbahaya.

Namun, yang perlu dipertanyakan yakni apakah bahan dari seblak itu mengandung boraks atau tidak?
Bila iya, kandungan boraks dapat sebabkan infeksi usus, tetapi kalau dikonsumsinya berlebihan. Adapun campuran bahan seblak terdiri dari bakso, sosis, makaroni, kwetiauw dengan bumbu MSG. Mungkin saja, dari bahan-bahan pembuatan seblak tersebut dapat memicu infeksi usus.

“Makanan dengan tekstur kenyal biasanya dikasih boraks. Itu yang tidak diperbolehkan. Sesuatu makanan yang kenyal bisa memperlambat proses pencernaan, sehingga sulit dicerna,” bebernya.