Waduh! Karyawan Samsung Ketahuan Mencuri 8.484 Smartphone dari Pabrik, Ini Yang Bikin Kaget

Budaya mencuri ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, di negara-negara maju pun ternyata demikian adanya. Di Korea Selatan misalnya, baru-baru ini seorang karyawan perusahaan ternama yakni Samsung, diketahui telah mencuri ribuan smartphone dari tempatnya bekerja.

Tidak tanggung-tanggung, karyawan dengan nama belakang Lee itu diketahui sudah mencuri 8.484 smartphone di pusat produksi di Korea dan menjualnya ke dealer ponsel bekas. Aksi tersebut baru ketahuan setelah berlangsung selama hampir dua tahun.

Sebagaimana dilansir dari KompasTekno, Senin (24/7/2017), Samsung berhasil mengetahui pencurian itu karena menemukan salah satu smartphone yang belum mereka rilis tapi ternyata sudah dijual di pasar Vietnam.

Aksi Lee bisa bertahan begitu lama tanpa diketahui karena selama ini dia diizinkan untuk tidak melalui protokol pemindaian tubuh sebelum meninggalkan kantornya. Lee diperbolehkan untuk tidak melalui pemindaian karena merupakan penyandang disabilitas dan menggunakan kursi roda.

Dari penjualan smartphone Samsung curian itu, Lee diperkirakan berhasil mengantongi uang sekitar 800 juta won atau sekitar Rp 9,4 miliar. Polisi mengatakan bahwa dia memakai sebagian uang itu untuk membayar utang judi yang totalnya mencapai 900 juta won atau sekitar Rp 10,6 miliar.