Wah, Meski Enak, Ternyata Mandi Air Hangat Punya Bahaya Loh, Bahkan Bisa Sebabkan Hal Ini!

Manfaat mandi air hangat yang selama ini Anda ketahui ternyata tidak sepenuhnya benar. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata mandi air hangat justru bisa membawa masalah tersendiri? Air yang terlalu panas, di atas 39 derajat cecius bisa memberi efek psikologis untuk tubuh yang kemudian bisa memicu konsekuensi lainnya.

Memang belum ada suhu air yang falid untuk tidak boleh digunakan, namun melansir laman Grid.ID, seseorang sangat tidak disarankan memakai air dengan suhu lebih dari 43 derajat sesius. Berikut 5 bahaya mandi menggunakan air terlalu panas:

1. Luka bakar pada kulit

Penggunaan air yang terlalu panas dapat membuat luka bakar yang cukup serius pada kulit. Untuk orang dewasa, kita akan langsung melakukan reflek dengan air yang terlalu panas. Kita akan menghindar dan menambahkan air dingin.

Namun bayi yang memiliki tekstur kulit lebih halus dan belum bisa berbicara, air terlalu panas bisa memberi dampak tidak diinginkan. Selain itu, air mandi yang terlalu panas bisa membuat penyakit kulit semakin buruk atau bahkan membuka luka pada kulit yang telah ada.

2. Pusing dan tubuh tidak seimbang

Perubahan tekanan darah akibat mandi air panas terlalu dapat mempengaruhi aliran darah menuju otak. Sehingga dapat menyebabkan pusing dan berkurangnya keseimbangan tubuh. Sangat berbahaya saat anda keluar dari bak mandi, ditambah dengan lantai yang licin.

Maka dapat meningkatkan resiko tergelincir di kamar mandi.

3. Tekanan darah turun

Panas menyebabkan pembuluh darah di kulit membesar (vasodilatasi). Akibatnya resistansi pembuluh darah perifer (resistansi oleh dinding pembuluh darah terhadap aliran darah) menurun dan tekanan darah turun (hipotensi).

Namun, tergantung pada sejauh mana tekanan darah menurun, jantung mungkin mencoba memberi kompensasi dengan memompa lebih keras dan lebih cepat. Hal ini tidak hanya bisa menyiksa penderita penyakit jantung tapi bahkan pada orang yang sehat.

Pada kasus yang parah mungkin bisa menyebabkan pingsan. Untuk alasan yang jelas, kehilangan kesadaran dalam mandi air bisa sangat berbahaya.

4 Mual dan muntah

Beberapa orang mengalami mual setelah mandi air panas, terutama saat berendam di bak mandi karena adanya perubahan aliran darah ke otak. Hal ini sering lebih cenderung terjadi setelah makan dan kemudian mandi air hangat yang mungkin akibat darah mengalir jauh dari saluran pencernaan ke kulit.

Wanita hamil juga cenderung merasakan mual mereka yang kemudian memburuk dengan mandi air panas yang lama. Kondisinya bisa cukup parah bahkan bisa menyebabkan muntah. Pada kebanyakan kasus, mual akan cepat mereda setelah keluar dari bak mandi atau shower.

Muntah bisa menyebabkan dehidrasi dan komplikasi lainnya.

5. Intoksikasi

Jangan sekali-kali mandi menggunakan air panas setelah mengkonsumsi obat penenang dan alkohol karena akan mengakibatkan intoksikasi atau keracunan. Penggunaan air panas akan membuat kedua zat tersebut semakin bereaksi dan memperburuk kinerja jantung.

Akibatnya tubuh akan mengalami kehilangan kesadaran sehingga dapat meningkatkan resiko tenggelam di bak. Well, pastikan temperatur air tidak terlalu panas saat mandi ya, pastikan juga tubuhmu tidak sakit saat memilih jenis air ini.