Widih! Baterai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ‘Melendung’ di 7 Negara, Nasibnya Bisa Sama Note 7?

Baru-baru ini Apple meluncurkan smartphone teranyarnya yakni iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dengan segudang fitur canggih. Sayang, walau dipenuhi fitur canggih, bukan berarti iPhone 8 dan iPhone 8 Plus luput dari kekurangan. Dampaknya pun bisa mengejutkan karena bisa menyebabkan terjadinya ledakan yang tentu saja berbahaya bagi penggunanya.

Seperti yang baru-baru ini banyak dikabarkan, baterai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ‘melendung’ di beberapa negara. Padahal smartphone tersebut diluncurkan bulan September lalu dengan sederet fitur canggihnya. Berdasarkan laporan terbaru, sekitar tujuh handset iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tak tertutup dengan rapi akibat baterai yang bengkak.

Mulanya laporan baterai bengkak muncul di Taiwan dan Jepang, kemudian wilayah Formosa, Argentina menyusul. Kini laporan juga muncul dari Kanada, China, Yunani, dan Hong Kong. Alhasil total iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang bermasalah sejauh ini mencapai tujuh unit di berbeda negara. Masalah baterai yang membengkak ini mengakibatkan layar ponsel terlepas dari bagian bodi ponsel lainnya sehingga iPhone tak tertutup dengan sempurna.

Ini memang merupakan masalah yang terbilang kecil, namun akan semakin meluas jika Apple tidak segera mengatasinya. Sumber industri mengklaim bahwa Samsung SDI dan LG Chem merupakan produsen yang memproduksi baterai untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Sementara sumber lainnya menyebutkan bahwa baterai diproduksi oleh Simplo Technologies di Taiwan.

Saat masalah seperti ini terjadi, ada kemungkinan bahwa masalah itu akan meluas ke pengguna lainnya seperti kasus yang pernah terjadi pada Galaxy Note 7 yang meledak dan membuat Samsung melakukan recall secara global. Tak hanya itu, Samsung juga mengendalikan handset itu dari jarak jauh untuk mencegah dampak lain yang berbahaya yang disebabkan oleh baterai ponsel.

Bodi baterai iPhone 8 dalam masalah ini nampaknya tidak menimbulkan bahaya bagi pengguna. Meski begitu, ini bukan menjadi pertanda baik bagi Apple yang telah membanggakan jajaran iPhone barunya itu.

Apple sendiri tengah menyelidiki penyebab baterai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus membengkak saat perusahaan menerima laporan awal. Sementara untuk laporan terbaru yang kini berdampak pada tujuh unit iPhone, Apple belum memberikan tanggapannya. Demikian seperti diberitakan Pocket Now, dilansir dari okezone.com, Selasa (10/10/2017).